Tuesday 5 February 2013

KEBUTUHAN IBU MENYUSUI BEKERJA

Saat kembali bekerja setelah cuti melahirkan, merupakan masa-masa yang berat karena bunda harus meninggalkan bayi bunda yang masih membutuhkan ASI.

Hmm..yaa..itulah yang saya rasakan..saat harus kembali bekerja setelah dua bulan saya melahirkan. Banyak hal yang harus saya persiapkan untuk tetap dapat memberikan ASI eksklusif pada bayi saya...

Setelah mencari informasi dari sana-sini, berikut saya rangkum apa saja sih hal-hal yang perlu dipersiapkan bagi ibu bekerja agar tetap dapat memberikan ASI eksklusif...


Hasilnya...ini dia :

1. Cooler Bag (Tas Penyimpan Dingin)
Tas ini dibutuhkan untuk membawa ASI yang telah diperah/dipompa di kantor agar kualitasnya tetap terjaga


2. Ice Gel / Blue Ice
Kalau saya bisa menyebutnya sebagai "Pasangannya Cooler Bag" :) 
Merupakan gel atau juga bisa berupa cairan biru yang kemudian dibekukan. Ice gel/blue ice ini bisa lebih lama bekunya dibandingkan dengan es batu biasa..Fungsinya ya..untuk membuat ASI hasil pompa/perahan ibu tetap beku atau dingin saat dibawa pulang ke rumah.


3. Pompa ASI (Breastpump)
Kalau bunda tidak bisa memerah ASI dengan menggunakan tangan, atau butuh waktu yang lebih cepat untuk memerah ASI, maka alat ini perlu dimiliki...Alat ini adalah alat batu yang digunakan untuk memerah ASI.perlu diingat bunda juga tetap harus menjaga kesterilan alat ini ya,,,


4. Wadah Penyimpan ASI
Wadah penyimpan ASI bisa menggunakan botol kaca, botol susu BPA free, atau plastik ASI. Untuk mencarinya mudah saja kok..di pasaran juga sudah banyak yg menjualnya ^_^. Kalau saya merekomendasikan menggunakan botol kaca..karena lebih bagus dalam menyimpan ASI, lebih murah lagi harganya...(^_^)


5. BREAT PAD (Pembalut PD)
Breast pad penting lo bunda,,untuk mencegah rembesan ASI menempel di baju..atau bahkan sampai membasahi baju bunda...saya dulu sering sekali ASI sampai merembes ke baju..walaupun ketutupan jilbab, baju saya jadi bau amis, dan rasanya ga nyaman...alhasil bra saya juga jadi berbintik-bintik hitam seperti jamuran....itu pelajaran penting buat saya (hehehe,,,agak lebai).

Breast pad ada yang sekali pakai (disposable), ada juga yang bisa dicuci (washable). Kalu menurut saya sihh iritan yang bisa dicuci karena bisa dipakai berulang-ulang ^_^


6. NURSING APRON
Nursing apron alias penutup tubuh saat menyusui...Alat ini merupakan solusi saat menyusui di ruang umum terbuka....bagi yang menggunakan jilbab, mungkin alat ini tidak begitu diperlukan, karena jilbab bisa menutupi PD bunda saat menyusui bayi bunda


7. KULKAS
Ini penting...untuk menyimpan ASI perahan bunda agar tetap terjaga.

 

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...