Friday 31 May 2013

Apa sih Clodi itu??


Clodi adalah singkatan dari Cloth Diapers, yang dalam bahasa Indonesia berarti popok kain, tapi bukan popok kain biasa..maksudnya ialah popok kain yang bisa menampung agar pipis dan pup si bayi tidak langsung membasahi lantai, kasur, ataupun lainnya.. Clodi kini sedang trend dikalangan para ibu, khususnya yang memiliki bayi…Saya pun tertarik dengan si clodi ini, :)



Awalnya saya cari-cari info bagaimana cara menghemat pengeluaran untuk kebutuhan bayi tapi tetap memperhatikan faktor kesehatannya…Setelah searching sana-sini, saya nyasar di forum ibu-ibu yang membahas clodi..katanya pemakaian clodi bisa menghemat pemakaian popok sekali pakai (red: p**pers), dan motifnya juga lucu-lucu....ini dia yang saya cari  ^_^

tapi ..pas saya baca forum ibu-ibu yang membahas clodi, banyak istilah yang ga saya ngerti…insert, pocket, diaper cover, microfleece, all in one diaper (AIO), liner…..??? ahh..bingung… akhirnya saya cari tau tentang istilah dalam “ilmu per-clodian” :D yang antara lain saya rangkum sebagai berikut:



1. Clodi
seperti yang saya sebutkan di atas clodi adalah singkatan dari cloth diapers yang berarti popok kain yang fungsinya untuk menampung pipis atau pup bayi sehingga tidak langsung *bocor* atau membasahi lantai, kasur dan lainnya

2. Insert: adalah bahan penyerap yang dimasukkan ke dalam clodi dengan clodi jenis pocket..(clodi yang berkantung)

3. Outer: adalah bagian luar dari clodi, biasanya terbuat dari bahan yang waterproof

4. Cover: merupakan bagian dari clodi yang juga berfungsi sebagai penutup (meng-cover) kain penyerap dari clodi.

5. leg gusset: adalah karet paha yang merupakan bagian dari clodi yang berfungsi untuk mencegah kebocoran dari paha

6. liner

adalah lapisan tipis yang terbuat dari kain ataupun kertas, yang biasanya diletakkan diatas diaper agar mencegah diaper terkotori oleh noda pup bayi.

7. soaker

soaker dapat diartikan sebagai bahan penyerap..jika digunakan pada clodi dengan jenis pocket, maka istilah soaker biasanya disebut dengan insert…jika digunakan pada clodi dengan jenis cover, maka soaker diletakkan diatas cover sebagai bahan penyerap pipis/pup bayi.

8. Microfiber
merupakan bahan yang digunakan sebagai bahan penyerap pada insert atau soaker, dengan permukaan kasar seperti pada handuk..

9. Microfleece
merupakan bahan yang digunakan pada insert atau soaker yang berfungsi sebagai stay dry (tetap kering). microfleece memiliki permukaan lembut. biasanya pada soaker, microfleece yang diletakkan untuk bersentuhan pada kulit bayi..karena karakteristiknya yang "stay dry".

10. velcro: bahan perekat

untuk tau cara mencuci clodi dan perawatannya silakan baca disini

1 comments:

Unknown said...

estyy

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...